Repositori STIKES Panca Bhakti Pontianak



Pengaruh Pelaksanaan Praktik Laboratorium Klinik Model Tutorial Terhadap Nilai Intranatal Care pada Mahasiswi Tingkat II Semester IV di Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak Tahun 2017



Abstrak:
Pelaksanaan praktik laboratorium klinik merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar yang dimaksudkan untuk memantapkan penguasaan materi bersifat aplikatif, sedangkan tutorial merupakan cara menyampaikan bahan pelajaran yang telah dikembangkan dalam bentuk modul untuk di pelajari secara mandiri. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pelaksanaan Praktik Laboratorium Klinik Model Tutorial Terhadap Nilai INC pada Mahasiswi Tingkat II Semester IV di Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak Tahun 2017 Dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif Korelasi dengan metode Cross Sectional dengan jumlah responden sebnayak 124 responden pada mahasiswi tingkat II semester IV yang telah melakukan praktik tutorial INC yang ada di Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak pada bulan maret 2017. Penelitian ini menggunakan analisis data Univariat dan Bivariat. Analisis Univariat distribusi frekuensi tingkat kehadiran mahasisiwi, hampir seluruh responden (90%) tingkat kehadirannya baik, Distribusi frekuensi tingkat keaktifan mahasisiwi, hampir seluruh responden (81%) keaktifannya baik, Distribusi frekuensi tingkat kehadiran dosen, sebagian besar responden (79%) kehadiran dosennya baik. Analisis Bivariat dengan uji Chi Square X2 hitung (2.33) ? X2 tabel (5.991), dan uji SPSS (0.446)>(0.05) artinya tidak pengaruh kehadiran mahasiswi dengan nilai INC. X2 hitung (17.34)>X2 tabel (5.991), uji SPSS (0.000)<(0.05) artinya ada pengaruh keaktifan mahasiswi dengan nilai INC.X2 hitung (1.015) ? X2 tabel (5.991), dan uji SPSS (0.469)>(0.05) artinya tidak ada pengaruh kehadiran dosen dan nilai INC. Jadi kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh pelaksanaan praktik laboratorium klinik model tutorial terhadap nilai INC. Dari hasil penelitian walaupun menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara kehadiran mahasiswi dan dosen terhadap nilai INC diharapkan mahasiwi tetap disiplin terhadap kehadiran dalam jadwal tutorial agar dapat mentransfer ilmu dengan baik, agar mahasiswi lebih aktif dan giat lagi dalam belajar guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kata kunci : Praktikum, Mahasiswi, Dosen, Keaktifan, nilai INC, di Akbid Panca Bhakti Pontianak Tahun 2017.

URL:
Lihat

Angkatan:
XI

Prodi:
D3 Kebidanan

Tanggal:
12-09-2022

Penulis:
RAHMI NUR ASIYAH (141140981541038/B)