Abstrak:
Banyak orang yang mengatakan pelayanan dipuskesmas kurang baik, berdasarkan
hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 13 maret 2017 di ruangan
KIA Puskesmas Korpri didapat kan dari 10 pasien, ada 4 pasien yang merasa puas dan 6
pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan di ruang KIA Puskesmas Korpri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Bidan Dan
Kepuasan Pasien Terhadap Kunjungan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Korpri
Kabupaten Kubu Raya Tahun 2017.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang yaitu seluruh pasien yang melakukan
kunjungan kesehatan ibu dan anak (KIA) yang hadir di Puskesmas Korpri.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat sedikit dari responden yang merasa
pelayanan baik dan puas terhadap kunjungan kesehatan ibu dan anak (KIA) yang telah
dilakukan yaitu sebanyak 6 responden (18%) sedangkan responden yang merasa pelayanan
cukup dan tidak puas sebanyak 10 responden (29%).
Dari hasil uji statistik yang telah dilakukan didapatkan x2 hitung (13,67) > dari x2 tabel
(5,991) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pelayanan dan kepuasan pasien
terhadap kunjungan kesehatan ibu dan anak (KIA) di Puskesmas Kopri Kabupaten Kubu Raya
Tahun 2017.
Kesimpulan peneliti perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan
yang diberikan oleh petugas kesehatan dalam melayani pasien yang melakukan kunjungan
kesehatan ibu dan anak (KIA) dapat lebih ditingkatkan agar kepuasan pasien juga meningkat.
Hal yang perlu ditingkatkan seperti sikap petugas kesehatan dan prosedur pelayanan
kesehatan.
Kata Kunci :Pelayanan, Kepuasan, Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA), Puskesmas Korpri,
2017
URL:
Lihat
Angkatan:
XI
Prodi:
D3 Kebidanan
Tanggal:
26-09-2022
Penulis:
SUHARTINAH (141140981541145/C)